Sistem Utama Linux

Sistem operasi dari Linux dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, yang mana ketiga bagian tersebut saling berinteraksi satu sama lain.Tiga sistem utama tersebut adalah :

diagram2-454

1. Kernel, merupakan program inti dari System Linux. Peran dan tugas yang dipegang oleh Kernel ini antara lain :

  • Mengendalikan akses terhadap komputer
  • Mengatur memori komputer
  • Memelihara sistem file
  • Mengalokasikan sumber daya komputer diantara pemakai

2. Shell, merupakan program yang memungkinkan pemakai dapat berkomunikasi dengan komputer. Tugas dan peran shell adalah membaca perintah yang diberikan pemakai dan menerjemahkan perintah (command intepreter) tersebut sebagai suatu permintaan dan meneruskanya ke Kernel. Pada prompt shell, pemakai memberi perintah kepada shell dan kemudian shell akan langsung memberikan respon. Perintah-perintah tersebut dapat dirangkai serta dapat disimpan dalam sebuah file teks yang disebut dengan program shell atau shell scripting.

3. Utility, adalah program bantu diluar shell untuk melakukan tugas tertentu, misalnya saja untuk mengedit dokumen, memanipulasi file, menambah user, menghapus user dan lain sebagainya.

About the Author

Hendri Destiwanto a.k.a MasHendri, Mulai mengenal Operating System Linux sejak tahun 2008. Belajar tentang Linux dan Open Source secara autodidak dengan bantuan beberapa komputer dan koneksi internet di Pusat Komputer UNS. Penulis bisa dihubungi melalui personal blognya di http://mashendri.com